PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SELUMA

AZNI NURCAHYATI,, SARI and Saleh, Haji and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Sari Azni Nurcahyati_A1C019024 - 024 sari azni nurcahyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based
Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi
Statistika kelas VIII SMPN 6 Seluma yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model
pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Instrumen penelitian terdiri dari instrumen validitas, instrumen kepraktisan, dan
instrumen tes pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning termasuk dalam
kategori: (1) Sangat Valid dengan memperoleh rata-rata skor validasi 4,64 dengan
kategori sangat valid dan hasil uji reliabilitas antar validator menggunakan skor
ICC sebesar 0,998 dengan kategori sangat baik; (2) Sangat Praktis dengan skor
rata-rata kepraktisan oleh peserta didik dan guru sebesar 4,55; (3) Efektif dari
perolehan skor N-Gain sebesar 0,7676 dengan kategori tinggi dan ketuntasan
belajar peserta didik secara klasikal mencapai 86,2% peserta didik mendapatkan
nilai di atas KKM (≥ 75).
Kata Kunci: LKPD, Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan,
Project Based Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200