PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Sari, Mirda Dwi Puspa and Dwi, Anggraini and Feri, Noperman (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MIRDA DWI PS (A1G018088) UNIVERSITAS - mirda dwi puspa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video
animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif metode Quasy Eksperiment dengan desain
penelitian the matching only pretestposttest control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus XII Kota Bengkulu. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 81 Kota Bengkulu berjumlah 32 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random
Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berbentuk pilihan ganda.
Pengambilan tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan
analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Dari hasil penelitian dan
pembahasan diketahui hasil uji-t pada mata pelajaran IPA dengan nilai thitung
sebesar 4,116 dan nilai ttabel sebesar 2,002 dan pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia dengan nilai thitung sebesar 4,463 dan nilai ttabel sebesar 2,002 Jadi
dengan thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media video animasi pada pembelajaran tematik
terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Media Video Animasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:52
Last Modified: 10 Sep 2024 07:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200