PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI SMPN 7 KOTA BENGKULU

TRI UTAMI, HANISAH and Ringki, Agustinsa and Nur, Aliyyah Irsal PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI SMPN 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_HANISAH TRI UTAMI_A1C018051_S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 - Hanisah Tri Utami.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HANISAH TRI UTAMI_A1C018051_S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 - Hanisah Tri Utami.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis
Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas
VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi
prosedur ADDIE yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluations) yang
terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Penelitian dilakukan di
SMPN 7 Kota bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Kepraktisan
LKPD diuji pada sembilan orang peserta didik kelas VIII A. efektifitas LKPD
diuji pada 26 peserta didik kelas VIII B. instrumen penelitian ini adalah lembar
validasi, lembar kepraktisan dan lembar efektifitas. Hasil peneitian menunjukkan
bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP termasuk dalam kategori: (a) sangat valid
berdasarkan hasil penilaian validator dari aspek materi, konstruksi dan bahasa
dengan skor 0,93, (b) sangat praktis berdasarkan aspek penilaian kepraktisan, (c)
efektif berdasarkan rata-rata nila tes hasil belajar dan presentase ketuntasan
klasikal peserta didik.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning,
Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200