Sari, Fela Puspita and Feri, Noperman and Dalifa, Dalifa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Fela Puspita Sari_A1G018031_PGSD-dikompresi - Uswatun Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penlitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh media kahoot!
pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode
eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian adalah The
Matching Only Pre Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh kelas v SD Negeri yang ada di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten
Bengkulu Utara yang tediri dari 16 sekolah dasar dengan sampel berdasarkan
teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes
tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data
yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis posttest
menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas
kontrol. Selanjutnya uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran IPA
thitung (4,837) > ttabel (2,009) dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung
(3,754) > ttabel (2,009). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha
diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
Kahoot! pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas v SDN di
Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.
Kata Kunci : Media Kahoot!, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21286 |