PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SDN 20 KOTA BENGKULU

Safitri, Nadia and Pebrian, Tarmizi and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SDN 20 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Nadia Safitri_A1G019041_PGSD_FKIP_UNIB - nadia safitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan metode KWL (Know
Want to Know Learned) untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif
pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Jumlah siswa kelas 5 yaitu 28 siswa
dengan 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata
skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap
kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode KWL
(Know Want to Know Learned) dapat meningkatkan keterampilan membaca
intensif serta meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran
tematik kelas 5 SDN 20 Kota Bengkulu. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas
guru siklus I sebesar 27 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II
sebesar 32 dengan kategori baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I sebesar 26
dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 31 dengan
kategori baik. Pada rata-rata siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I
sebesar 72 dengan ketuntasan belajar 60,71% meningkat pada siklus II sebesar
80 dengan ketuntasan belajar 78,57%. Dengan demikian, dapat disimpulkan
penerapan metode KWL (Know Want to Know Learned) dapat meningkatkan
keterampilan membaca intensif pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 20
Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Metode, Know Want to Know Learned, Keterampilan membaca
Intensif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item
View Item