MARICSHA, MARICSHA and Nurul, Astuty Yensy and Dewi, Rahimah (2023) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Maricsha_2023 2 - Maricsha 071.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD dengan Pendekatan
Saintifik berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmetika Sosial SMP
Negeri 2 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari
model 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.
Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik berbasis Problem
Based Learning memenuhi kategori: (1) Valid berdasarkan 33 aspek penilaian
yang terdiri dari 13 aspek penilaian materi, 14 aspek penilaian konstruksi, dan 6
aspek penilaian bahasa dengan memperoleh kategori valid, (2) Sangat praktis dari
9 aspek penilaian dengan kecendeungan sangat setuju pada aspek penilaian
kepraktisan, (3) Efektif dilihat dari hasil perhitungan nilai N-Gain tes Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis dengan rata-rata N-Gain 75,67% berada pada
kategori efektif.
Kata Kunci : LKPD, Penelitian Pengembangan, PBL
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21290 |