Aswindra, Verti and Dewi, Rahimah and Ringki, Agustinsa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LANGKAH POLYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN SELF-EFFICACY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Verti Aswindra_A1C019019_Pendidikan Matematika - Verti Aswindra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan
kemampuan pemecahan masalah matematis, mendeskripsikan kemampuan
pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah Polya dan mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-efficacy. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 29 orang
siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran
2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket self-efficacy
dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan antara
self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) siswa dengan
kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi memenuhi keempat indikator
Polya; Siswa kategori sedang sudah melakukan empat tahapan Polya namun belum
maksimal pada indikator merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana.
Siswa dengan kategori rendah mampu memahami masalah, melaksanakan rencana
namun belum tepat dan tidak melakukan tahapan merencanakan penyelesaian dan
memeriksa kembali. 3) Siswa dengan self-efficacy tinggi dan pemecahan masalah
matematis tinggi cenderung tangguh atau tidak mudah menyerah; siswa dengan
self-efficacy tinggi dan pemecahan masalah matematis sedang cenderung lebih
berani menghadapi tantangan; siswa dengan self-efficacy sedang dan
berkemampuan pemecahan masalah matematis tinggi cenderung lebih yakin akan
keberhasilan dirinya dan berani menghadapi tantangan; siswa dengan self-efficacy
sedang dan pemecahan masalah matematis sedang cenderung menyadari kekuatan
dan kelemahan dirinya dan tangguh atau tidak mudah menyerah; siswa dengan self�efficacy sedang dan pemecahan masalah matematis rendah cenderung mampu
berinteraksi dengan orang lain; siswa dengan self-efficay rendah dan pemecahan
masalah matematis sedang cenderung tidak mampu mengatasi masalah yang
dihadapi.
Kata Kunci : Self-Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Langkah
Polya
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21293 |