PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT KELAS VII S

Dwi Sefrina, Nafisah and Della, Maulidiya and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT KELAS VII S. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsii_Nafisah Dwi Sefrina - 057Nafisah Dwi Sefrina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media android pada materi segi
empat dengan model pembelajaran Discovery Learning yang memenuhi kategori
valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
menggunakan model ADDIE dengan tahap analisis, desain, pengembangan
,penerapan dan evaluasi . Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas,
lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Validasi media android dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pengembangan media android menggunakan Ispring Suite
dan Discovery Learning termasuk dalam kategori : (1) valid berdasarkan 32
aspek penilaian yang terdiri dari 13 aspek penilaian materi, 12 aspek penilaian
kontruksi dan 7 aspek penilaian bahasa dengan rata-rata skor 0,89972 berada
pada kategori sangat valid. (2) Sangat praktis dari 12 aspek penilaian dengan
rata-rata skor 88% berada pada kategori sangat praktis. (3) Efektif dari hasil
ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu minimal 93% dengan
memperoleh nilai ≥ 75 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis
menggunakan N-Gain sebesar 0,704 berada pada kategori “tinggi”.
Kata kunci : Discovery Learning, Ispring Suite, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item
View Item