Wenti, Rofika Arum Sukma and Puspa, Djuwita and Dwi, Anggraini (2023) ANALISIS INTERNALISASI NILAI GOTONG ROYONG DALAM PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN PIKET SISWA KELAS II DI SD NEGERI 24 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-ROFIKA ARUM SUKMA WENTI (A1G019012) - Rofika Arum Sukma Wenti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai gotong royong
pada kegiatan piket siswa serta tahapannya di SD Negeri 24 Bengkulu Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini yaitu siswa dan guru kelas II, serta kepala sekolah. Sebagai instrumen kunci,
peneliti menyiapkan alat yang digunakan dalam penelitian, yaitu lembar
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model interaktif, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai
gotong royong dilakukan dengan berpedoman pada tahapan internaliasi nilai,
yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Pada tahapan
transformasi nilai, guru memberikan pengetahuan nilai gotong royong melalui
nasihat dan pembelajaran. Pada tahapan transaksi nilai, guru mengajak siswa
untuk mengamalkan nilai gotong royong pada kegiatan piket kelas serta
memberikan contoh dan teladan yang baik kepada siswa melalui kepribadiannya.
Pada tahapan transinternalisasi nilai, guru juga memberi kesempatan kepada siswa
untuk mengaktualisasikan nilai gotong royong yang sudah diajarkan. Selain itu,
internalisasi nilai membutuhkan dukungan penuh dari sekolah, orang tua dan
masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan piket dapat menjadi
sarana efektif untuk menginternalisasi nilai gotong royong pada siswa kelas II.
Namun, diperlukan upaya lebih lanjut dengan memperkuat kerjasama antara
sekolah, orang tua dan masyarakat.
Kata Kunci: Internalisasi, Karakter, Gotong Royong, Kegiatan Piket
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21301 |