PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU

Hasanah, Uswatun and Nani, Yuliantini and Resnani, Resnani (2023) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 07 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-USWATUN HASANAH-A1G018064-PGSD - Uswatun Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model Numbered
Head Together (NHT) berbantuan media PPT, untuk meningkatkan aktivitas
pembelajaran tematik, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik di kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data
observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih
skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan
rumus rata-rata nilai (mean) dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik dengan penerapan model NHT berbantuan media PPT.
Hal tersebut dibuktikan dari hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata
skor 31,5 (kategori baik) dan siklus II meningkat menjadi 43,5 (kategori sangat
baik). Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 31,5 (kategori
baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 43,5 (kategori sangat baik). Hasil tes
evaluasi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh nilai
rata-rata 71,42 dengan ketuntasan klasikal 64,28%, meningkat pada siklus II
dengan nilai rata-rata 81 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Muatan pelajaran IPA
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,85 dengan ketuntasan klasikal 64,28%,
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 dan ketuntasan klasikal 85,71%.
Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model NHT berbantuan media
PPT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar pada
pembelajaran tematik kelas V SDN 07 Kota Bengkulu.
Kata kunci : NHT, Media PPT, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200