Permata, Syahnora Dwi and Alexon, Alexon and Herman, Lusa (2023) i STUDI EVALUASI PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) DI KELAS VA SDN 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SYAHNORA DWI PERMATA_A1G019026_PGSD JIP FKIP UNIB - syahnora dwi permata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan kelas pada pembelajaran
di luar kelas (Outdoor Learning) di SD Negeri 08 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi discrepancy.
Subjek penelitian ini adalah guru kelas VA dan peserta didik kelas VA. Data
kualitatif didapatkan dari lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan kriteria kualitatif pertimbangan dan menggunakan
teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa pada
pengaturan peserta didik dan fasilitas pada pelaksanaan pengelolaan kelas dalam
pembelajaran di luar kelas (Outdoor learning) telah berhasil karena telah
menerapkan standar baku yang ditetapkan. Jumlah kemunculan pada setiap
indikator kebanyakan adalah (5) sangat baik, (4) baik, dan (3) cukup. Maka dari itu
pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran di luar kelas dapat dikatakan
telah berhasil. Pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) telah
sesuai dengan ketetapan yang diberlakukan walaupun terdapat beberapa deskriptor
yang tidak muncul.
Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Outdoor, Evaluasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:59 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21306 |