Santika, Rani and Sridadi, Sridadi and Feri, Noperman (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 44 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syarat Universitas Rani-compressed-compressed_compressed_compressed - Rani santika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dan menganalisis
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan
model TGT berbantuan alat peraga. Pendekatan dan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Selatanyang berjumlah 12 orang siswa.
Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data
hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah,
selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis
menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Hasil penelitian:keterlaksanaan model pada siklus I 62,5 dengan kategori B (baik),
kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada angka 77
dengan kategori sangat baik (SB).Hasil belajar siswa khususnya pada aspek
kognitif. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77 dengan kriteria
cukup (C) dan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria cukup (C),
kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi nilai rata-rata 87,5
dengan kriteria baik (B) dan ketuntasan belajar klasikal 92% dengan kriteria baik
(B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat
peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Alat Peraga, Pembelajaran
Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:59 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21307 |