PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU

Sipayung, Theresia I. and Sri, Dadi and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
THERESIA I. SIPAYUNG_A1G018058_SKRIPSI_PGSD - Theresia Sipayung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan
penerapan model Kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar pada
aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa kelas V SDN 38 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN 38 Kota Bengkulu yang terdiri
dari 28 siswa. Lembar penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Teknik
analisis data observasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT
dengan deskriptif kualitatif, data observasi hasil belajar siswa dianalisis
menggunakan rumus rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan
kisaran nilai setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai
dan persentase belajar klasikal. Hasil belajar siswa aspek sikap siklus I yaitu 5,30
kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 6,76 kategori sangat baik. Hasil
belajar siswa siklus I mapel Bahasa Indonesia diperoleh nilai rata-rata 75,89
dengan ketuntasan klasikal 71,42% meningkat pada siklus II yaitu 93,39 dengan
ketuntasan klasikal 96,42%. Mapel PPKn diperoleh nilai rata-rata 73,75 dengan
ketuntasan klasikal 67,85% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,14 dan
ketuntasan klasikal 92,85%. Hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I yaitu
5,26 dengan kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 7,01 dengan kategori
sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 38 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, TGT, Hasil Belajar, Tematik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:59
Last Modified: 10 Sep 2024 08:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200