Suciani, Kadek and Didi, Yulistio and Ria, Ariesta (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN LITERASI MEMBACA TEKS NONFIKSI UNTUK SISWA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KADEK SUCIANI PERPUSTAKAAN UNIB-TESIS. - Kadek Suciani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mendeskripsikan tingkat
kelayakan produk asesmen literasi membaca teks nonfiksi. Jenis penelitian yang
digunakan penelitian pengembangan. Pengembangan asemen menggunakan
model pengembangan ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini berupa data tes
uji coba terbatas siswa kelas VIII SMPN 02 Lebong dan hasil wawancara guru
Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis
dokumen, wawancara dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar analisis
dokumen, pedoman wawancara, lembar kuesioner validasi, instrumen tes. Teknik
analisis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dari analisis kebutuhan yang dilakukan guru sangat
membutuhkan adanya contoh soal asesmen literasi membaca karena soal yang
selama ini dikembangkan oleh guru tidak relevan dengan pedoman penyusunan
soal asesmen. Proses pengembangan produk awal asesmen literasi membaca teks
nonfiksi sebanyak 30 pilihan ganda kompleks dengan menggunakan teknik
pengembangan ADDIE . Produk akhir Asesmen literasi membaca dilakukan
validasi produk dengan bantuan validator ahli soal AKM dengan hasil uji
validitas 14 soal dengan kriteria valid dan 16 soal kriteria tidak valid. Uji
reliabilitas diperoleh hasil dengan kriteria Reliabel dengan hasil 0,88. Daya beda
2 butir soal dengan kriteria sangat baik, 12 butir soal dengan kriteria baik, 4 soal
dengan kriteria cukup dan 10 soal debgan kriteria jelek. Tingkat kesukaran 21
soal dengan kriteria baik dan 3 soal dengan kriteria sukar. Hasil uji kelayakan
asesmen literasi membaca teks nonfiksi yang dikembangkan menunjukan hasil
layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Asesmen,Literasi Membaca,Teks Nonfiksi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 01:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 01:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21316 |