PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN SINTESIS METAL ORGANIC FRAMEWORKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA

Aisyahlika, Siti Zaya and M. Lutfi, Firdaus and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN SINTESIS METAL ORGANIC FRAMEWORKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Siti zaya perpus unib - Siti Zaya Aisyahlika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran berbasis
proyek untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa yang menerapkan konten
hasil sintesis MOFs Cr-BDC pada konsep materi adsorpsi limbah. Metode
penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model R&D
tipe 4D. Subjek penelitian adalah 37 orang siswa-siswi kelas XII MAN Rejang
Lebong. Ada dua tahapan analisis yang dilakukan yaitu analisis kapasitas
adsorpsi limbah zat warna sebagai konteks pengembangan blog dan analisis
pengembangan blog pembelajaran berbasis proyek terintegrasi literasi
lingkungan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data kapasitas adsorpsi
maksimum MOFs Cr-BDC terhadap zat warna Alizarin Red S (ARS) adalah
270,27 mg/g, pada berat 15 mg, waktu kontak 20 menit, pH 4, pada suhu 40°C
dan konsentrasi 100 ppm. Sedangkan kapasitas adsorpsi maksimum Cr-BDC
terhadap zat warna Colour Index Reactive Orange (CIRO) adalah 909,1 mg/g,
pada berat 5 mg, waktu kontak 30 menit, pH 5, suhu 40°C dan konsentrasi 100
ppm. Proses adsorpsi terjadi secara kemisorpsi atau monolayer, mengikuti
kinetika pseudo orde 2. Data validasi pengembangan blog diolah menggunakan
Content Validity Index (CVI) dengan pedoman aiken tabel. Rata-rata hasil
validasi ahli materi, ahli soal, dan ahli media pada blog pembelajaran berbasis
proyek memperoleh nilai I-CVI>0,8 yang menyatakan bahwa blog
pembelajaran layak digunakan sebagai bahan ajar. Konteks literasi lingkungan
pada penelitian ini mengkaji masalah lokal terkait dampak pembuangan limbah
terhadap perairan. Peningkatan literasi lingkungan siswa diperoleh dari hasil
pretest dan postest. Berdasarkan rata-rata N-gain maka literasi lingkungan
siswa setelah menggunakan blog pembelajaran berbasis proyek mengalami
peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,72 pada kategori tinggi.
Kata Kunci: Adsorpsi, Blog Pembelajaran, MOFs, Literasi Lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21352

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200