Wulandari, Winda Tri and Afrizal, Mayub and Henny, Johan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANALISIS PARAMETER FISIS AIR SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Winda Tri Wulandari (A2L020013) - Winda Tri wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kelayakan e-modul berbasis
parameter fisis air sungai untuk meningkatan literasi lingkungan dan penguasaan
konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D model
pengembangan ADDIE yaitu : analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini lembar angket
pendahuluan, lembar validasi ahli, lembar validasi instrumen soal, lembar instrumen
soal tes literasi lingkungan aspek konten dan konteks, lembar respon guru dan lembar
respon peserta didik. Subjek penelitian yaitu 28 peserta didik kelas VII SMP Negeri 7
Kota Bengkulu. Uji coba skala terbatas menggunakan metode pre-eksperimen desain
one group pretest-posttest. Berdasarkan pengembangan menghasilkan e-modul
berbasis parameter fisis air sungai beserta perangkatnya: 1) Hasil analisis parameter
fisis ketiga titik air Sungai Serut 5 dari 8 parameter fisis air sungai melewati ambang
batas maksimum kelas 2. Sedangkan Hasil analisis parameter fisis ketiga titik air
Sungai Hitam 3 dari 8 parameter fisis air sungai melewati ambang batas maksimum
kelas 2. Pada hasil analisis parameter fisis ketiga air Sungai Jenggalu 2 dari 8
parameter fisis air sungai melewati ambang batas maksimum kelas 2. 2) Hasil uji
validitas e-modul pada aspek kegrafisan sebesar 97%, aspek media sebesar 92%,
aspek bahasa sebesar 92,5%, aspek penyajian sebesar 93% dan aspek isi sebesar
94,6%. Rata-rata tingkat kelayakan e-modul berbasis parameter fisis air sungai yang
dikembangkan sebesar 93,8% dengan kategori sangat layak, 3) Literasi lingkungan
peserta didik pada aspek konten setelah menggunakan e-modul diperoleh N-gain
sebesar 0,74 yang masuk kategori tinggi. Sedangkan Literasi lingkungan peserta didik
pada aspek konteks diperoleh N-gain sebesar 0,78 yang masuk kategori tinggi.
Peningkatan nilai yang diperoleh peserta didik terlihat dari kemampuan peserta didik
dalam menerima materi dan mengerjakan soal yang terdapat di e-modul sebagai
bentuk evaluasi untuk menilai sejauh mana kemampuan literasi lingkungan peserta
didik tinggi. 4) Hasil analisis respon guru dan peserta didik dengan rata-rata
persentase masing-masing 90% dan 89,6% yang masuk ke kategori sangat baik, 5)
Karakteristik e-modul berbasis parameter fisis air sungai yang dikembangkan yaitu
materi disajikan bersifat kontekstual dari hasil parameter fisis air sungai dan bisa
langsung digunakan, mudah diakses karena bisa diajarkan secara online, sistematis
dan terstruktur dalam bentuk softfile.
Kata kunci : e-modul, parameter fisis, literasi lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21360 |