Tama, Yunika Elisa and Bhakti, Karyadi and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PEMANFAATAN BIODIVERSITAS MIKROALGA DANAU MAS HARUN BASTARI SEBAGAI PAKET PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATERI EKOLOGI PERAIRAN UNTUK SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tesis yunika (A2L019019) - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskipsikan keanekaragaman
mikroalga di Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong; 2) mendeskripsikan
tingkat kelayakan paket pembelajaran berbasis digital; 3) mendeskripsikan hasil
implementasi paket pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
SMA pada materi ekologi perairan kelas X SMAN 4 Rejang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development dengan model
ADDIE. Teknik pengambilan data mikroalga adalah teknik observasi dan teknik
pengumpulan data kelayakan menggunakan angket serta teknik pengumpulan data
keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes uraian berupa soal essay yang
terdapat dalam paket pembelajaran digital. Data hasil penelitian dikembangkan
dalam bentuk bahan ajar berupa paket pembelajaran digital. Pengambilan sampel
mikroalga dilakukan di Danau Mas Rejang Lebong dengan tiga titik lokasi yaitu
bagian timur, bagian selatan dan bagian utara Danau. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan sebanyak 22 spesies yang terdiri dari 6 divisi dan 10 ordo dengan total
sebanyak 1462 individu. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media diperoleh
kriteria sangat layak dengan persentase 92,70% dan layak diujicobakan sebagai
bahan ajar materi ekologi kelas X pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Hasil uji
coba terbatas paket pembelajaran digital terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa diperoleh persentase yaitu indikatir eksplanasi sebesar 71% dengan kategori
tinggi dan indicator analisis memperoleh perentase sebesar 31% dengan kategori
rendah. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa paket pembelajaran
digital materi ekologi yang dikembangkan pada kategori rendah disebabkan
karena belum biasa dilatihkan indicator-indikator dari keterampilan dalam
berpikir kritis, masih kurangnya pembelajaran yang diterapkan dalam mengasah
keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci : Mikroalga, Paket Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis siswa,
Danau Mas Harun Bastari
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21361 |