LIDYANTI, NELFI and Sudarwan, Danim and Asti, Putri Kartiwi (2023) SUPERVISI KOMPETENSI TEKNIS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI REMBAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NELFI LIDYANTI_PERPUSTAKAAN UNIB (1) - nur meimana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi tenaga administrasi sekolah oleh
kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriftif
kualitatif, dengan menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi
sebagai tehnik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kompetensi teknis staf administrasi di SMP Negeri Remban cukup baik, karena
mereka memiliki komunikasi yang baik dan selalu bekerja sama untuk
memperlancar pekerjaanya. Dari segi peran, kepala sekolah telah berperan dalam
meningkatkan kompetensi teknis tenaga administrasi , hal ini ditunjukkan dengan
seringnya kepala sekolah menyempatkan diri untuk sekedar berbicara dengan
tenaga administrasi sehingga tidak ada rasa canggung atau takut, antara kepala
sekolah dengan tenaga tata usaha selalu terjalin dengan baik. Implikasi dari
penelitian ini adalah dapat dilihat bahwa kepala sekolah dan tenaga kependidikan
merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu sangat
diharapkan Kerjasama dan komunikasi yang baik antara kedua unsur tersebut
sehingga kedepannya pelaksanaan, evaluasi dapat dijadikan sebagai panduan
sebagai tindak lanjut jika ada kekurangan untuk diperbaiki.
Keyword: Pengawasan, Kompetensi, Tenaga Administrasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21362 |