Nurmeimana, Nurmeimana and Manap, Somantri and Asti, Putri Kartiwi (2023) ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM BACA ASMAUL HUSNA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI SUNGAI JAUH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
NURMEIMANA PERPUSTAKAAN UNIB (2) - nur meimana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan
program baca asmaul husna dalam pembentukan karakter religius di SMPN
Sungai Jauh. Data diperoleh dari observasi partisipasi, wawancara dan
dokumentasi yang dianalisis melalui reduksi, penyajian data, verifikasi dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kebijakan program baca
asmaul husna adalah kebijakan sekolah untuk membentuk karakter religius
berdasarkan Keputusan Kepala Sekolah, (2) Program baca asmaul husna
dilaksanakan setiap pagi sebelum jam pelajaran pertama, (3) Karakter religius
yang dibentuk adalah keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt seperti
melaksanakan shalat tepat waktu dan kepribadian yang baik kepada sesama
manusia maupun makhluk lain ciptaan Allah Swt seperti disiplin, jujur, sabra,
tanggung jawab, berhati-hati dalam berbuat, memiliki rasa persaudaraan dan
tolong menolong, toleransi, dan menjaga kebersihan, (4) Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa kegiatan ini menjadi program unggulan sekolah yang perlu
mendapat dukungan dari seluruh pihak, dan (5) Implementasi program ini
terkendala pada latar belakang siswa yang berbeda, kurangnya kesadaran peserta
didik dan lingkungan pergaulan peserta didik. Peneliti menyarankan agar kepala
sekolah, guru maupun siswa selalu semangat membiasakan dan menerapkan
program ini.
Kata Kunci : Karakter Religius, Kebijakan Program Baca Asmaul Husna
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | septi septi |
| Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:57 |
| Last Modified: | 11 Sep 2024 03:57 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21365 |

