YUSEL, GUSVIRA and Andy, Makhrian and Dwi, Aji Budiman (2021) KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Pompa Air Shimizu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Gusvira FIX NIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perempuan digambarkan
menjadi objek nilai jual di dalam iklan. Penelitian ini menggunakan Teori
Semiotika John Fiske yang memiliki unsur kode Realita, Representasi, dan
Ideologi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
objek penelitiannya yaitu iklan pompa air shimizu. Teknik Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pengiklan secara garis besar konsep sensualitas yang dibangun di dalam
iklan Pompa Air Shimizu, sangat kental dengan ideologi patriarki. Hal ini dapat
dilihat dari bagaimana sosok perempuan di dalam iklan, diposisikan sebagai objek
oleh pengiklan. Sosok perempuan menjadi kaum yang diobjektifikasi karena
dalam konteks iklan tersebut, menghadirkan perempuan sebagai sosok yang
“dinikmati” melalui eksploitasi yang dilakukan pada tubuhnya.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 08:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 08:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21392 |