Febrila, Lilia Gina and Hanifah, Hanifah and Hari, Sumardi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A2C021006_LILIA GINA FEBRILA_TESIS S2 PEND. MTK - Lilia Gina Febrila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan
motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu
Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 288 siswa dan sampel penlitian yaitu
kelas VIIIE dan VIIIH yang berjumlah 64 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes
kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data
dilakukan dengan uji analysis of covariance (ANACOVA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 60,4%; (2) terdapat pengaruh linear
kovariat motivasi awal terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,8%; (3)
terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa dengan mengontrol kemampuan awal
siswa sebesar 33,3%; (4) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning terhadap motivasi belajar siswa dengan mengontrol motivasi awal siswa
sebesar 53,5%; (5) pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi
dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori; (6)
Motivasi belajar siswa yang di kelas yang diajar menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang
diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21403 |