Mulianti, Sri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2023) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
merged_1 - Sri Mulianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Problem Based
Learning berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman
Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika di SMK Negeri 1 Lebong. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1
Lebong pada kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah
seluruh kelas X yang berjumlah 88 orang. Sampel diambil dengan teknik random
sampling kelas X Multimedia 1 yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen
dan X multimedia 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen
pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan teknik analisis data menggunakan
MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat: (1) Pengaruh pendekatan
Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap kemampuan
pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Besarnya pengaruh
perlakuan terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 27,2 %. (2) Pengaruh
pendekatan Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap
Kemampuan pemecahan masalah adalah 58,6%. (3) Pencapaian kemampuan
pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri
1 Lebong yang diajar menggunakan pendekatan PBL berbatuan AR lebih tinggi
dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (4)
Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X
Multimedia 1 yang diajar pendekatan PBL berbantuan AR lebih tinggi
dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pendekatan Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality,
Kemampuan Pemahaman Konsep, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21406 |