Ramadhan, Muhammad Yogi and Saleh, Haji and Hari, Sumardi (2023) PENGARUH MATHEMATICS PHOBIA, ADVERSITY QUOTIENT, LOCUS OF CONTROL TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DI REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Yogi Ramadhan(A2C020012) - muhammad yogi ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung
dari pengaruh mathematic phobia, adversity quotient, locus of control terhadap
literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto.
Populasi penelitian terdiri atas dua sekolah di Kota Bengkulu yakni SMPQ Daarul
Maarif dan SMP IT Hidayatul Fallah. Denhan jumlah sampel 118 siswa. Teknik
pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah tes dan non-tes dengan instrumen lembar angket dan tes
soal. Teknik analisis data Path Analysis. Hasil penelitian yang diperoleh yakni
terdapat pengaruh 1) mathematic phobia terhadap literasi matematika dengan nilai
koefisien jalur 0,245, 2) adversity quotient terhadap literasi matematika dengan
nilai koefisien jalur 0,179, 3) locus of control terhadap literasi matematika dengan
nilai koefisien jalur 0,251, 4) mathematic phobia terhadap adversity quotient
dengan nilai koefisien jalur 0,411, 5) mathematic phobia terhadap locus of control
dengan nilai koefisien jalur 0,179, 6) adversity quotient terhadap locus of control
dengan nilai koefisien jalur 0,323, serta pengaruh tidak langsung yakni 7)
mathematic phobia terhadap literasi matematika melalui adversity quotient
dengan nilai koefisien jalur 0,1147, 8) mathematic phobia terhadap literasi
matematika melalui locus of control dengan nilai koefisien jalur 0,0449, 9)
mathematic phobia terhadap literasi matematika melalui adversity quotient dan
locus of control dengan nilai koefisien jalur 0,033, 10) adversity quotient terhadap
literasi matematika melalui locus of control dengan nilai koefisien jalur 0,0811.
Kata Kunci : Mathematic Phobia, Adversity Quotient, Locus Of Control, Literasi
Matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21407 |