NALMAN, ANNIE RACHMAWATI and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ANNIE R.N. LENGKAP PDF - annie rachmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama. 2) Untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL)
terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3) Untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan
pemecahan masalah siswa 4) Untuk mengetahui apakah Kemampuan pemahaman
konsep yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari
yang diajar dengan konvensional. 5) Untuk mengetahui apakah kemampuan
pemecahan masalah yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih
tinggi dari yang diajar dengan konvensional. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan populasi siswa kelas VIII berjumlah
201 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.C sebagai kelas control
yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen
yan berjumlah 28 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII
SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan menggunakan uji MANOVA
(Multivariate Analisys of Variance). Dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat
pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan
pemecahan masalah secara bersama. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan
dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap
kemampuan pemahaman konsep siswa. 3 Terdapat pengaruh yang signifikan
dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa 4) Kemampuan pemahaman konsep yang
diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari yang diajar
dengan konvensional. 5) Kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model
Problem Based Learning lebih tinggi dari yang diajar dengan konvensional.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep,
kemampuan pemecahan masalah matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21410 |