Susanti, Elva and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL PADA MATERI BUNYI DI KELAS 4 SDN 104 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ELVA SUSANTI PERPUSTAKAAN FKIP - elva susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital flipbook
berorientasi PBL (Problem-Based Learning) dalam meningkatkan pengetahuan
faktual dan konseptual. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa pada pengetahuan faktual dan konseptual. Tujuan penelitian ini adalah
untuk merancang dan menguji efektivitas bahan ajar digital flipbook berorientasi
PBL dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan pengembangan 4D (Define, Design, Develop,
Disseminate). Tahap Define melibatkan pengidentifikasian kebutuhan, tujuan, dan
konteks penelitian. Tahap Design melibatkan perancangan rancangan awal produk
atau model yang akan dikembangkan. Tahap Develop melibatkan implementasi
dan pengembangan produk atau model tersebut. Tahap Disseminate melibatkan
penyebaran dan evaluasi produk atau model tersebut kepada pemangku
kepentingan terkait. Hasil penelitian pengembangan flipbook menunjukkan bahwa
bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL layak digunakan. Respon siswa
positif, dengan 91% siswa memenuhi kriteria baik. Bahan ajar ini juga terbukti
efektif dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual, seperti yang
ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,63
(kategori sedang), sementara pada kelas kontrol hanya sebesar 0,20 (kategori
rendah). Kesimpulan penelitian pengembangan flipbook menunjukkan bahwa
bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL layak digunakan. Respon siswa
positif, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual.
Kata Kunci: Flipbook, Problem-Based Learning, Pengetahuan Faktual dan
Konseptual
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21416 |