Andriani, Desi and Bambang, Sahono and Badeni, Badeni and Saleh, Haji (2023) MODEL BAHAN AJAR MATEMATIKA RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DESI ANDRIANI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Desi Andriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan lingkungan terdekat peserta didik
dan juga berbasis budaya daerah lebih efektif dan bermakna. Maka di perlukan modul
ajar yang yang berkaitan dengan lingkungan dan budaya terdekat peserta didik. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar matematika RME berbasis
etnomatmatika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik keas IV Sekolah Dasar
di Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa bahan ajar matematika RME berbasis etnomatematika
yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation) layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik baik
berupa penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan peserta didik kelas IV sekolah dasar
di kota Bengkulu. Dalam pembelajaran juga lebih efektif jika dibandingkan
menggunakan sumber belajar biasa. Temuan baru dalam penelitian ini adalah produk
bahan ajar matematika RME berbasis etnomatmatika dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik.
Kata Kunci : Model bahan ajar matematika RME, Etnomatematika, modul, Hasil
Belajar, Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21417 |