PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF ANAK USIA DINI PADA KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) DI TK AMANAH SUNGAI JERNIH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Anggereni, Desi Tri (2023) PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF ANAK USIA DINI PADA KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) DI TK AMANAH SUNGAI JERNIH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
DESI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Neta Hesni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam strategi pembelajaran HI
untuk mengoptimalkan perkembangan AUD pada KAT di TK Amanah Sungai Jernih
kabupaten MURATARA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis sendiri.
Sedangkan subjek penelitianya ketua yayasan, kepala sekolah, guru, wali anak, ketua Adat,
Polindes. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data, menggunakan reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan, dan
verifikasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil
penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Filosofi pembelajaran TK Amanah Sungai Jernih
Kabupaten MURATARA. Kontruktivis yaitu diberikan kebebasan untuk melakukan sesuatu,
2) Perencanaan pembelajaran HI pada anak KAT mengacu kepada kurikulum 2013, ProTa,
ProSem, RPPM dan RPPH, 3) Pelaksanaan pembelajaran HI pada anak KAT menggunakan
area yang dilakukan memalui tiga tahapan Pembuka, Inti, Penutup dengan aspek
perkembangan anak. 4). Evaluasi pembelajaran HI anak KAT dengan metode observasi
secara individu dan kelompok dengan menggunakan test dan non test yang dilaksanakan
setiap hari baik proses maupun hasil evaluasi dikelompokkan mingguan, bulanan dilaporkan
setiap akhir semester. Penilaian disajikan melalui deskripsi BB, MB, BSH, BSB untuk setiap
aspek perkembangan anak. 5). Strategi Pembelajaran HI yang disarankan untuk
mengoptimalkan perkembangan anak usia dini pada KAT di TK Amanah sungai jernih di
anjurkan dengan strategi ―MeBeLis‖. Strategi MeBeLis ini bisa meningkatkan minat belajar
anak sehingga penelitian ini memberikan kontribusi untuk Lembaga Pendidikan AUD, hal
inilah yang menjadi novelty dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pembelajaran Holistik Integratif, Komunitas Adat Terpencil (KAT)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200