PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS JIGSAW (BLBJ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA D3 KEPERAWATAN

Oktaria, Sheren Dwi and Badeni, Badeni and Alexon, Alexon (2023) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS JIGSAW (BLBJ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA D3 KEPERAWATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
disertasi sheren-compressed - sheren dwi Oktaria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menginvestigasi
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model BLBJ (Blended Learning Berbasis
Jigsaw) dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa Program D3
Keperawatan. Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) dengan
mengadaptasi desain instruksional ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam
pengembangan model pembelajaran ini berupa lembar penilaian model, lembar
observasi penilaian keterampilan klinis, lembar penilaian RPS, angket efektivitas
dan kepraktisan serta wawancara untuk mempermudah proses pengumpulan data
sehingga mudah untuk dilakukan analisis. Instrumen tersebut bertujuan untuk
mengukur kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan model dan perangkat
pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini,
Validitas model dihitung menggunakan formula Aiken’s V. Keefektifan model
diperiksa menggunakan uji-t dan ANOVA setelah memenuhi asumsi statistik
parametrik dan melihat perbandingan hasil keterampilan klinis.
BLBJ terdiri dari lima tahap meliputi: planning and preparation secara tatap
muka, Expert Group discussion secara online, Expert Group Practice secara tatap
muka, Jigsaw group secara tatap muka, Reflection secara online. Berdasarkan
validitas model sebesar 0,81, validitas desain sebesar 0,76 dan validitas RPS 0,89
termasuk kategori valid sesuai hasil perhitungan dengan menggunakan formula
Aiken's V. Karena koefisien alpha Cronbach lebih besar dari 0,70 maka model
pembelajaran tersebut dianggap reliabel. Hasilnya, model pembelajaran memenuhi
kriteria valid dan reliabel. Kepraktisan model BLBJ memiliki rata-rata 4 yang
termasuk katagori praktis untuk meningkatkan keterampilan klinis. Hasil statistik
pada uji T dengan nilai Nilai t hitung positif 15,913 dan uji Anova 0,00 artinya
terdapat perbedaan bermakna pada nilai keterampilan klinis. Pada hasil observasi
menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan klinis pada kelas
dengan model BLBJ sebesar 1,308 yang lebih tinggi daripada kelas dengan model
konvensional sebesar 0,953. Dengan demikian, Model BLBJ dinyatakan valid,
praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa D3
Keperawatan pada mata kuliah Dokumentasi Keperawatan.
Kata kunci: Blended Learning, Jigsaw, Keterampilan Klinis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200