OMI RAHARJO, FADHLI and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBASIS STEAM TERHADAP LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FADHLI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Fadhli Omi Raharjo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media virtual reality
berbasis STEAM Terhadap Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar
khususnya pada aspek konten,konteks, kompetensi dan sikap. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental atau eksperimen semu dengan
mengunakan desain Pretest-Postest Control Group design untuk melihat ada atau
tidaknya pengaruh pengunaan media Virtual reality mengunakan pendekatan
STEAM terhadap konten, konteks, kompetensi dan sikap literasi sains. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media virtual reality berbasis STEAM
layak untuk digunakan sebagai media dalam muatan IPA kelas VI materi tata surya.
Persentasi hasil validasi aspek materi (80 %) , bahasa (78 %) serta desain 86 %.
Hasil penelitian diketahui bahwa untuk aspek konten rata-rata hasil test pada kelas
kontrol sebesar 71,33 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 87,69. Terdapat
perbedaan rata-rata sebesar 16,36 Besarnya pengaruh ini ditunjukkan dengan effect
size non parametrik 0,6 atau 73 % termasuk dalam kategori sedang, Aspek konteks
hasil Uji Mann Whitney literasisains diketahui rata-rata hasil test pada kelas kontrol
sebesar 70,00 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,62. Terdapat perbedaan
rata-rata sebesar 14,64. Besarnya pengaruh ini ditunjukkan dengan effect size 0,5
atau 69% termasuk dalam kategori sedang, Aspek kompetensi hasil uji mann
whitney literasi sains rata-rata aspek kompetensi sebesar 74,97 kelas kontrol dan
kelas ekperimen memiliki rata-rata 83,50. Berdasarkan rata-rata tersebut terdapat
perbedaan rata-rata antara kedua kelas tersebut sebesar 8,53 poin. Besarnya
pengaruh ditunjukkan dengan effect size sebesar 0.7 jika dipersentasekan sebasar
76% dengan kategori sedang, Sedangkan aspek sikap melalui hasil uji inferensial
diketahui mean rank pada kelas eksperimen sebesar 89.13 dan kelas kontrol 82.67.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh media virtual reality
berbasis STEAM Terhadap Literasi Sains aspek konten, konteks, kompetensi dan
sikap pada pembelajaran IPA Di sekolah dasar
Kata kunci : media virtual reality, STEAM, literasi sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21425 |