HARIANTO Z, HENDRI and Puspa, Djuwita and Abdul, Muktadir (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MELALUI PEMBIASAAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH (STUDI KASUS SD NEGERI 03 KABAWETAN KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HENDRI BEBAS PERPUSTAKAAAN UNIB - Hendri Harianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, mengungkapkan dan
mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi dari implementasi pendidikan karakter
religius dan mandiri melalui pembiasaan berbasis budaya sekolah di SD Negeri 03
Kabawetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek
dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan kepala SD Negeri 03
Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Instrumen penelitian adalah wawancara,
observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data model interaktif, meliputi: pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan implementasi nilai karakter religius dan
mandiri melalui pembiasaan berbasis budaya sekolah di SD Negeri 03 Kabawetan
telah berjalan cukup baik dengan menentukan nilai utama PPK, menyusun jadwal
harian/mingguan bersama tim khusus dan penanggung jawab, mendesain
kurikulum dengan membuat buku indikator pencapaian kegiatan penguatan nilai
karakter religius dan mandiri, dan mengevaluasi peraturan sekolah. (2)
Pelaksanaan implementasi telah berjalan cukup baik melalui kegiatan rutin
(karakter mandiri adalah literasi membaca sebelum pembelajaran dan karakter
religius adalah salat dhuha yang dilaksanakan setiap hari, berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran, dan jumat religi membaca doa-doa dan melantunkan
shalawat), kegiatan terprogram (karakter religius yaitu kegiatan Isra Miraj, maulid
nabi muhammad SAW dan karakter mandiri kegiatan literasi berupa membuat
karya literasi tema bulan bahasa yang dilaksnakan pada bulan Oktober), dan
kegiatan spontan (menasehati peserta didik bagi yang melangar aturan dan
memberikan contoh langsung, agar tidak melakukannya lagi). (3) Evaluasi
implementasi nilai karakter masih terlihat kurang karena belum dilakukan tindak
lanjut atas keberhasilan program yang sesuai dengan pedoman indikator
keberhasilan penanaman nilai karakter religius dan mandiri.
Kata kunci: pendidikan karakter, religius, mandiri, budaya sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21427 |