SALEH, HOIRUL and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POE (PREDICTION, OBSERVE, EXPLANATION) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HOIRUL SALEH -BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Hoirul Saleh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis
POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains
siswa kelas V. (2) Mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis
POE hasil pengembangan untuk siswa kelas V. (3) Mengetahui peningkatan
pemahaman konsep siswa kelas V pada materi kalor dan perpindahan setelah
menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis POE. (4) Mengetahui
peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V setelah menggunakan modul
pembelajaran IPA berbasis POE. Jenis penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) prosedur pengembangan yang akan dilakukan mengacu pada
prosedur penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SD Negeri Napallicin. Berdasarkan hasil analisis penilaian
kelayakan modul oleh para ahli terhadap modul pembelajaran IPA berbasis POE
ini ahli bahasa memberikan penilaian dengan rata-rata 0,85, ahli materi
memberikan penilaian dengan rata-rata 0,88 dan ahli media memberikan penilaian
dengan rata-rata 0,87. Dari keseluruhan penilaian ahli mendapatkan skor rata-rata
0,87 yang dikategorikan cukup tinggi atau dapat dikatakan valid dan dapat diuji
cobakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran dan masukan dari para ahli.
Berdasarkan tabel uji independen tes pada bagian equal variances assumed
diketahui nilai signifikasi 0,023 < 0,05 ini menunjukkan bahwa penggunaan
modul pembelajaran IPA berbasis POE berpengaruh terhadap pemahaman
konsep siswa. Nilai signifikasi hasil uji keterampilan preses sains diperoleh
0,025<0,05 ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran IPA
berbasis POE berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.
Kata Kunci: Modul, POE, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21428 |