PENGEMBANGAN E-MODUL SUMBER ENERGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV

RAHMAITUN HUSNA, LAILA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL SUMBER ENERGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
LAILA RAHMAITUN HUSNA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - rahmaitun husna01.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, Bahasa dan desai,
respon peserta didik, serta efektifitas produk hasil pengembangan e-modul sumber
energi berbasis Discovery Learning (DL) untuk meningkatkan kemampuan
kognitif siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) model ADDIE. Subjeknya adalah peserta didik SDN 27
Banyuasin III, Sumatera Selatan, yang berjumlah 25 peserta didik kelas IV A
sebagai kelas control dan 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen.
Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, tes kemampuan
kognitif berupa soal pilihan ganda melalui pretest dan postest. Untuk mengukur
efektifitas kemampuan kognitif dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah
pembelajaran berlangsung dikelas control dan eksperimen. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V dan
Inter-rater Reliability, tanggapan peserta didik, serta analisis kuantitatif dengan
menggunakan uji-T. Hasil validasi materi, Bahasa dan desain serta respon peserta
didik terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran
sehingga peserta didik senang dan tertarik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) pada materi sumber energi. Hasil efektifitas e-modul efektif terhadap
kemampuan kognitif peserta didik. dilihat dari hasil nilai signifikansi yaitu 0,002
lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji N-gain score dari penggunaan E�Modul memberikan hasil nilai gain score yang rendah yaitu kelas control 18%
dan hasil nilai pada gain score sedang yaitu kelas eksperimen 34%. Sehingga
pengetahuan kognitif peserta didik menggunakan E-Modul sumber energi berbasis
Discovery Learning dinyatakan efektif.
Kata Kunci : E-Modul, Sumber Energi dan Discovery Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item
View Item