PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V

SOFIATUN JANNA, LAILA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
LAILA SOFIATUN JANNA BEBAS SPERPUSTAKAAN UNIB_compressed - Laila Sofiatun Janna.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Dari penelitian ini di dapat permasalahan sebagai berikut: (a) guru belum pernah
membuat LKPD sendiri, (b) guru masih menggunakan LKPD yang didapatkan
dari penyalur atau penerbit bukan hasil kreativitas dari guru, (c) peserta didik
belum pernah terlibat dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis
lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, Bahasa,
desain, respon peserta didik, serta efektifitas produk hasil pengembangan LKPD
berbasis lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan siklus air dan dampaknya
kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development
(R&D) model ADDIE. Subjeknya adalah peserta didik SDN 38 Banyuasin III,
Sumatera Selatan yang berjumlah 22 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol
dan 20 peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang
digunakan adalah pedoman wawancara, angket dan tes pengetahuan siklus air dan
dampaknya berpa soal pilihan ganda melalui pretest dan posttest. Hasil validasi
materi, Bahasa, desain serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis
lingkungan sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga peserta
didik senang dan tertarik belajar IPA pada materi siklus air dan dampaknya. Hasil
efektifitas LKPD efektifitas terhadap pengetahuan siklus air dan dampaknya pada
peserta didik. Dilihat dari hasil signifikansi yaitu 0,008 lebih kecil dari pada =
0,05. Berdasarkan uji gain score dari penggunaan LKPD memberikan hasil nilai
gain score yang sedang yaitu kelas kontrol 47% dan kelas eksperimen 59%.
Sehingga, pengetahuan siklus air dan dampaknya yang menggunakan LKPD
berbasis lingkungan dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan
pengembangan disimpulkan bahwa LKPD berbasis lingkungan untuk
meningkatkan pengetahuan siklus air dan dampaknya pada siswa layak dan efektif
digunakan untuk pembelajaran muatan IPA.
Kata Kunci: LKPD, Lingkungan, Siklus air dan dampaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21432

Actions (login required)

View Item
View Item