Nirmala, Linda and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LINDA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Linda Nirmala.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain,
respon siswa, serta efektifitas produk hasil pengembangan e-modul berbasis RME
menggunakan rumah adat bubungan lima untuk meningkatkan pemahaman
konsep pada pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan
penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada
pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa SDN
82 Kota Bengkulu, yang berjumlah 22 siswa kelas IV D sebagai kelas kontrol, dan
22 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep
berupa soal essay melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas
pemahaman konsep dilakukan tes tes sebelum dan sesudah pembelajaran
berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V, reliabilitas
Interrater Reliability, tanggapan siswa, dan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui
bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan desain, serta respon guru dan siswa
terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran. Hasil
nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji gain�score dari penggunaan e-modul memberikan hasil nilai gain score yang sedang
yaitu 48%. Sehingga pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan e�modul berbasis model RME menggunakan rumah adat bubungan lima lebih
tinggi dari siswa yang hanya menggunakan buku paket dari sekolah sehingga
dinyatakan efektif.
Kata Kunci: Bangun Datar, Model RME, Bubungan Lima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21436 |