AGUNG TRI PUTRO, MAS and puspa, juwita and Irwan, Koto (2023) PERSEPSI GURU KELAS IV SD AL-FURQON LUBUKLINGGAU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MAS AGUNG TRI PUTRO bebas perpustakaan unib - Mas Agung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan karakter melalui K-13 agar tercapai, maka guru perlu menanamkan
nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam K-13 melalui pembelajaran
untuk penguatan karakter sehingga peserta didik tidak hanya menguasai materi
pembelajaran tetapi memiliki karakter yang diinginkan dalam K-13. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru kelas IV SD Al Furqon
Lubuklinggau terhadap pendidikan karakter dan implementasinya pada kelas
tersebut khususnya pada KI 1 dan KI 2. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kasus pada penelitian yang
telah dilakukan oleh peneliti yakni tentang bagaimana persepsi guru kelas IV SD
Al Furqon mengenai pendidikan karakter dan juga implementasinya. Adapun,
jumlah subjek dalam penelitian berjumlah 4 orang guru. Untuk instrumen
penelitian, peneliti menggunakan lembar wawancara dan observasi. Dalam hasil
penelitian didapati, bahwa guru memiliki persepsi yang positif terhadap
pendidikan karakter pada kurikulum K 13 yang di terapkan di SD tersebut, hal ini
disebabkan guru memberikan pandangan dan tanggapan yang baik dan juga
mendukung penerapan pendidikan karakter pada wawancara yang telah dilakukan
melalui tiga indikator persepsi tersebut. Sedangkan, dalam
pengimplementasiannya bahwa nilai karakter yang di implementasikan seperti
nilai religius pada KI 1, nilai karakter kejujuran, disiplin, tanggung jawab, peduli,
percaya diri, santun dan disiplin pada KI 2. Dari proses pengimplementasian
tersebut, guru telah sesuai dengan yang direncanakan
Kata Kunci : Implementasi, K-13, Pendidikan Karakter, Persepsi Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:34 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21438 |