KURNIA SARI A2G021047, NOVIA and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MAKANAN KHAS BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NOVIA KURNIA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB_compressed 2 - Novia Ks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan logis dan
empiris, serta menentukan efektivitas penggunaan E-LKPD berbasis model Project Based
Learning (PJBL) menggunakan makanan khas Bengkulu untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika pada materi pembulatan bilangan kelas IV sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang
digunakan pada pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa
SDN 52 Kota Bengkulu, yang berjumlah 26 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol, dan 26
siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pemecahan masalah berupa soal essay melalui
pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas pemecahan masalah dilakukan tes dua kali
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan
Aiken’s V dan reabilitas Interrater Reliability, tanggapan guru dan siswa, serta analisis
kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi
materi, bahasa, dan desain, serta respon guru dan siswa terhadap E-LKPD sangat layak dan
baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil
efektifitas E-LKPD berpengaruh baik terhadap pemecahan masalah matematika siswa.
Dilihat dari hasil nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji
gain-score dari penggunaan E-LKPD memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu
53%. Sehingga pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan E-LKPD berbasis
PjBL menggunakan makanan khas Bengkulu lebih tinggi dari siswa yang hanya
menggunakan lembar kerja buku paket dari sekolah sehingga dinyatakan efektif.
Kata kunci : E-LKPD, Etnomatematika, Makanan khas Bengkulu, PjBL, Pemecahan
Masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:33 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21440 |