PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR

FATHONAH PUTRI, NURAINI and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
NURAINI FATHONAH PUTRI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Nuraini Fathonah Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini mengembangkan LKPD dengan
pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dan
pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan,
kelayakan, respon guru dan peserta didik serta keefektifan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia
di Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang dipakai yaitu
metode Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan
menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.C dan V.D
yang masing-masing berjumlah 30 orang dan objek penelitian yaitu sebuah
produk LKPD dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa analisis kebutuhan, wawancara,
angket, dan rubrik keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kelayakan
logis dan empiris serta memenuhi syarat untuk digunakan pada pembelajaran. Hal
ini berdasarkan dari hasil validasi materi sebesar 90%, validasi bahasa 82% dan
validasi desain 80%. Untuk respon peserta didik menunjukkan respon yang positif
terhadap LKPD yang dikembangkan. Serta cukup efektif untuk meningkatkan
keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia hal ini terlihat dari
hasil nilai signifikansi (2-tailed) pada uji statistik non parametrik yaitu 0,000 dan
nilai N-Gain Score 58,24%. Nilai yang ditunjukkan di kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
LKPD dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia cukup
efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran
Bahasa Indonesia di Kelas V (lima) Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekeatan Saintifik,
Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item
View Item