OKTAVIA RIZANA, OMEGA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V MUATAN PELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
OMEGA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB (2) (1)_compressed (2) (3) (2)_compressed (1)_compressed (1) - rosalina tika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif level 1
pengetahuan dan pemahaman, level 2 penerapan atau aplikasi, dan level 3
penalaran dan sikap ilmiah siswa dimensi sikap ingin tahu dan berpikiran terbuka
kelas V SDN 06 Ujan Mas muatan pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 60 siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui dokumentasi, angket,
observasi, dan test. Tes yang digunakan dalam mengukur hasil belajar kognitif
siswa berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal yang berkaitan
dengan muatan pelajaran IPA tema 7 materi perubahan wujud benda. Angket
diberikan kepada siswa untuk menilai sikap ilmiah siswa dari dimensi sikap ingin
tahu dan berpikiran terbuka berbentuk pernyataan positif dan negatif sebanyak 15
pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif
siswa level 1 pengetahuan, hasil belajar kognitif siswa level 2 penerapan atau
aplikasi, dan hasil belajar kognitif siswa level 3 penalaran dan sikap ilmiah siswa
dimensi sikap ingin tahu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe snowball throwing dalam pembelajaran IPA secara umum sudah tergolong
sangat baik. Uji N-Gain dari hasil pretest dan posttest hasil belajar kognitif dan
sikap ilmiah termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa dan sikap ilmiah siswa
kelas V SDN 06 Ujan Mas muatan pelajaran IPA.
Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar Kognitif,
Sikap Ilmiah, Muatan Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21443 |