PENGARUH PENGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP LITERASI SAINS

IWAN TRI SUSILA, PUTU and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP LITERASI SAINS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
PUTU IWAN PERPUSTAKAAN - Kadek Suciani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media
flipbook dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek
konteks, menganalisis pengaruh penggunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM
terhadap kemampuan literasi sains pada aspek konten dan menganalisis pengaruh
penggunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi
sains pada aspek kompetensi. Jenis penelitian yang dgunakan adalah penelitian quasy
eksperimen atau ekaperimen semu dengan mengunakan desain pretest-posttest control
group design. Desain penelitian ini melalui beberapa proses yaitu pretest, pelaksanaan
pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol dan pelaksanaan posttest. Jenis
data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan
instrument berupa wawancara, angket analisis kebutuhan, instrumen soal, lembar
validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek konteks. Rata-rata posttest
kemampuan literasi sains aspek konteks pada kelas kontrol sebesar (72,76), kelas
eksperimen sebesar (85,48). Penghitungan effect size sebesar 1,06 jika di presentase
sebesar (84%) dengan kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan
STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek konten . rata�rata posttest kemampuan literasi sains aspek konten pada kelas kontrol sebesar (73,63) ,
kelas eksperimen sebesar (85,65). Nilai effect size sebesar (1,01) jika di presentase
sebesar (84%) dengan kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan
STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek komnpetensi.
Rata-rata hasil kemampuan literasi sains aspek kompetensi pada kelas kontrol sebesar
(85,45) . Rata-rata hasil kemampuan literasi sains aspek kompetensi di kelas eksperimen
sebesar (89,78) . Nilai effect size sebesar (0,91) jika di presentase sebesar (82%) dengan
kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM dapat
meningkatkan kemampuan literasi sains pada aspek konteks, konten dan kompetensi
dalam kategori besar.
Kata kunci : Media Flipbook, Pendekatan STEAM ,Literasi Sains

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200