PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SOBIRIN, SOBIRIN and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
SOBIRIN BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - sobirin_ birin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mengetahui kelayakan LKPD berorientasi
Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar.(3) Mendeskripsikan respon siswa setelah
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berorientasi Predict�Observe-Explain (POE).(4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan LKPD
berorientasi Predict-Observe-Explain (POE). Jenis penelitian ini adalah Research
and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri
Kuto Tanjung. Kelayakan LKPD berorientasi POE berdasarkan hasil validasi
yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi, aspek media dan aspek bahasa
terhadap LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE). Pada aspek materi
dinyatakan sangat layak sebesar 0,86. Pada aspek media dinyatakan sangat layak
sebesar 0,85. Pada aspek bahasa dinyatakan sangat layak sebesar 0,86. Sehingga
LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi sumber layak
untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil angket respon
siswa terhadap LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi
sumber energi yang telah diberikan kepada siswa kelas IV SD Negeri Kuto
Tanjung diperoleh hasil sebesar 77,24 % dengan kategori sangat baik. LKPD
berorientasi predict-observe-explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,31
dengan kategori sedang.
Kata Kunci: LKPD, POE, Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200