PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT REJANG LEBONG BERBASIS GAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 134 REJANG LEBONG

BUDI SANTOSO, EKO and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT REJANG LEBONG BERBASIS GAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 134 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS EKO BUDI SANTOSO UNTUK PERPUS UNIB_compressed - EKO BUDI SANTOSO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cerita rakyat Rejang
Lebong berbasis gambar ilustrasi dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil
belajar siswa di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini
menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and
development (R&D) melalui model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu
analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subyek penelitian
siswa kelas IVB SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas eksperimen dan siswa
kelas IVC SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar validasi oleh para ahli. Berdasarkan
uraian hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa (1)
Pengembangan bahan ajar cerita rakyat Rejang Lebong berbasis gambar ilustrasi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong
dengan nilai rata-rata tes awal di kelas eksperimen sebesar 53,75 meningkat
menjadi 77,5 pada tes akhir. (2) Bahan ajar cerita rakyat Rejang Lebong berbasis
gambar ilustrasi dinilai layak oleh validator yang dibuktikan dengan hasil validasi
bahan ajar memiliki interpretasi sangat valid dan hasil analisis koefisien Kappa
menunjukkan interpretasi cukup kuat. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan
dalam penggunaan bahan ajar cerita rakyat berbasis gambar ilustrasi karena hasil
uji independen sampel tes menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang menunjukkan peningkatan sehingga bahan ajar ini efektif
digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci : Bahan Ajar Cerita Rakyat, Gambar Ilustrasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item
View Item