MUSTAHIRAN, MUSTAHIRAN and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MUSTAHIRAN new - Mustahiran Mus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Discover Learning menggunakan power point terhadap hasil belajar
kognitif dan keterampilan proses IPA Kelas V. Jenis penelitian ini adalah
penelitian quasi experimental atau eksperimen semu. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah control group pre-test-pos-test design. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Kulam tahun
pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,047
< α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan
powerpoint siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Kulam terhadap hasil belajar.
Begitupun dengan hasil sig (2-tailed) = 0,050 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1
diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran
menggunakan model discovery learning dengan powerpoint siswa kelas V SD
Negeri 2 Muara Kulam terhadap keterampilan proses IPA.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21458 |