PUSPITA SARI, YENI and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PREZI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YENI PUSPITA SARI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Yenny puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, media,
dan respon siswa, serta efektifitas penerapan multimedia interaktif dengan aplikasi
prezi berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada
pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah 20
siswa kelas V SDN 78 Bengkulu Selatan (kelas kontrol) dan 20 siswa kelas V
SDN 73 Bengkulu Selatan (kelas eksperimen). Instrumen penelitian adalah
pedoman wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data
menggunakan Aiken’s V dan reliabilitas Interrater Reliability, tanggapan guru
dan siswa, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan N-gain. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan media, serta respon
siswa terhadap multimedia interaktif prezi sangat layak digunakan dalam
pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil efektifitas
multimedia interaktif prezi efektif berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA
siswa dengan N-gain score 62% (kategori sedang) terhadap kelas eksperimen
sedangkan pada kelas kontrol 32% (kategori sedang).
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Prezi, Hasil Belajar Kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21470 |