Hidayatulloh, Hidayatulloh and Johanes, Sapri and Agus, Susanta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME PUZZLE ETNOMATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR STUDI PADA SISWA SMP DI KABUPATEN PESAWARAN. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
HIDAYATULLOH BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Andanan Batik Lampung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media
pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar peserta
didik pada materi geometri bangun datar yang disebabkan kurangnya motivasi
belajar peserta didik, guru yang belum sepenuhnya menggunakan media
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Hal tersebut di rasa kurang menarik
oleh siswa,sehingga siswa merasa kesulitan jika di hadapkan dengan soal-soal
kontekstual Solusi yang di tawarkan yaitu pengembangan game Puzzle
etnomatematika berbasis android pada materi geometri bangun datar. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui desain, kevalidan dan kepraktisan serta efektifitas
penggunaan media game puzzle etnomatematika berbasis android pada materi
geometri bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
model 4D meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan,
dan desiminasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN
1 Pesawaran dengan jumlah sebanyak 31 peserta didik untuk uji coba terbatas dan
183 peserta didik dari tiga sekolah yaitu SMPNegeri 17, dan 27 Pesawaran untuk
uji coba lapangan. Teknik pengembilan sampel menggunakan Teknik simple
random sampling. Metode pengmpulan data dilakukan dengan observasi,
dokumentasi, dan angket. Istrumen penelitian ini menggunakan lembar validasai
ahli, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini yaitu uji validasi
ahli media 81% dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 81%
dengan kriteria valid, sedangkan hasil dari respon peserta didik sebesar 4,4 dengan
kriteria sangat baik, dan hasil efektifitas Penilaian pretest dan postest nilai rata –
rata menggunakan N-Gain scor terdapat peningkatan dan perbedaan antara kelas
control dan kelas ekpreminen yaitu skor rata-rata kelas control 9,40 sedangkan
kelas ekpremien 58,92. Maka di simpulakan bahwa penggunaan media game puzzle
etnomatematika berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran
matematika pada materi geometri bangun datar.
Kata kunci : Game Puzzle Etnomatematika, Geometri Bangun Datar, Siswa SMP
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21494 |