ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DOMESTIK DAN IMPOR DI PASAR TOS 3000 KOTA BATAM PROVINSI KEPRI

Syahda, Yulyana Ul’Iman and Putri, Suci Asrian and Ellys, Yuliarti (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DOMESTIK DAN IMPOR DI PASAR TOS 3000 KOTA BATAM PROVINSI KEPRI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
KARYA ILMIAH SYAHDA (E1D017054) - Syahda Yulyana Ul'Imanᅮ o ᅮ.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Buah tomat dikenal sebagai tanaman yang mudah ditanam. Hampir semua
provinsi di Indonesia memproduksi buah tomatnya sendiri. Untuk wilayah Kepulauan
Riau, beberapa wilayah tidak memproduksi buah tomat salah satunya Batam. Terkenal
akan kota industri dengan sedikit lahan tempat bercocok tanam, sehingga kebanyakan
produk hasil pertanian di pasar tradisional Batam sebagian didatangkan dari daerah luar
daerah (domestik) dan luar negeri (impor), termasuk buah tomat. Salah satu pasar
tradisional yang menyediakan produk buah tomat impor adalah Pasar Tos 3000. Asal
yang berbeda juga berdampak pada perbedaan keunggulan pada kedua buah tomat
tersebut. Penilaian konsumen terhadap produk buah tomat serta kepuasan konsumen
terhadap produk yang dibeli menjadi penting bagi pedagang. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk buah tomat
domestik dan produk buah tomat impor di pasar tradisional, Pasar Tos 3000. Data
dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, Importance Performance
Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kedua produk tersebut berada pada
kategori sangat puas dimana kepuasan terhadap buah tomat impor lebih tinggi dibanding
buah tomat domestik masing – masing 94,36% dan 90,21%. Ini menunjukkan bahwa
diluar upaya pedagang buah tomat di Pasar Tos 3000 Batam dalam meningkatkan produk
buah tomat, selera dan referensi pribadi konsumen akan menjadi penentu utama
konsumen dalam memilih buah tomat yang akan dikonsumsinya.
Kata kunci : Kepuasan Konsumen; Buah Tomat; Domestik; Impor

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:03
Last Modified: 24 Sep 2024 04:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item
View Item