ANALISIS USAHA PEMBUATAN IKAN ASIN DI DESA AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Khairul, Adlani and Indra, Cahyadinata and Bambang, Sumantri (2023) ANALISIS USAHA PEMBUATAN IKAN ASIN DI DESA AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Khairul Adlani_E1D018058_SKRIPSI ANALISIS USAHA PEMB - KHAIRUL ADLANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pembuatan ikan asin sebagai sumber mata pencaharian utama bagi daerah tersebut.
Ikan segar yang diolah menjadi produk olahan ikan asin dapat menambah nilai penjualan
ikan sehingga penjualannya tidak terlalu rendah. Selain itu, menunjukkan bahwa daerah ini
mampu memasarkan hasil produk ikan asin untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam
memenuhi kebutuhan pasar, diperlukan pengadaan bahan baku yang baik untuk menjaga
kontinuitas produksi ikan asin. Usaha pembuatan ikan asin dipengaruhi oleh faktor produksi
seperti bahan baku (ikan segar), garam, dan tenaga kerja. Kegiatan produksi ikan asin juga
memiliki nilai tambah (value added). Nilai tambah yang digambarkan dalam pembuatan ikan
asin sebagai upaya peningkatan nilai produksi, disamping itu juga mengakibatkan berbagai
biaya yang ditimbulkan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tidak melalui proses
pengolahan. Dalam melakukan suatu usaha ikan asin di daerah tersebut perlu diketahui
jumlah distribusi dan saluran pemasarannya. Berdasarkan hasil survei dan wawancara oleh
peneliti secara langsung kepada buruh dan pengusaha ikan asin, diketahui pemasaran ikan
asin belum efektif, karena saluran distribusi pemasaran sekarang masih terbatas yang
menjual ikan asin kepada lembaga pemasaran tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut,
penulis melakukan penelitian terhadap usaha pembuatan ikan asin di Desa Air Bangis.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu darimana sumber dan berapa jumlah ikan segar
yang digunakan pada usaha ikan asin, faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap produksi
ikan asin, berapa besar tingkat efisiensi yang, besarnya nilai tambah, bagaimana saluran
pemasaran ikan asin di Desa Air Bangis, dan berapa jumlah ikan asin yang didistribusikan
pada setiap lembaga pemasaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
menganalisis sumber dan jumlah ikan segar yang digunakan, menganalisis faktor-faktor
produksi usaha ikan asin, menganalisis besarnya tingkat efisiensi,menganalisis nilai tambah,
menganalisis saluran pemasaran ikan asin, dan menganalisis jumlah ikan asin yang
didistribusikan pada setiap lembaga pemasaran yang ikut dalam menyalurkan ikan asin dari
produsen ke konsumen.
Penulis melakukan atau mengambil lokasi penelitian secara sengaja (purpossive) di
Air Bangis dengan pertimbangan Desa Air Bangis merupakan salah satu tempat penghasil
ikan asin dan banyaknya yang usaha ikan asin cukup untuk diteliti. Penentuan responden
pembuat ikan asin dalam penelitian ini dengan metode sensus. Sedangkan responden
pemasaran ikan asin dalam penelitian ini dengan metode snowball sampling. Keseluruhan
responden pembuat ikan asin pada penelitian ini berjumlah 66 orang pengusaha dan
pedagang yang terlibat dalam pemasaran ini diketahui terdapat 16 pedagang pengumpul
antar kota dan 13 pedagang pengencer. Metode analisis data untuk mengetahui sumber ikan
segar, saluran pemasaran, dan jumlah distribusi ikan asin maka secara garis besar akan
digambarkan secara deskriftif kualitatif. Model analisis untuk menganalisis jumlah ikan
segar yang digunakan, faktor produksi, efisiensi usaha, dan nilai tambah usaha ikan asin
dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian yaitu sumber ikan segar
yang digunakan dibeli secara langsung ke nelayan dan jumlah ikan segar dalam sekali
produksi 14.772Kg/Pp jenis ikan yaitu ikan teri, kerong, kase, gulama, dan beledang.
Terdapat satu faktor yang berpengaruh yaitu ikan segar (Is). R/C pada usaha ikan asin
sebesar 1, yang menunjukkan bahwa pembuatan ikan asin efisien. Usaha pembuatan ikan
asin mampu menciptakan nilai tambah karena nilai tambah (15-40%). Terdapat 3 saluran
pemasaran ikan asin. Total produksi yang didistribusikan ke pedagang pengumpul antar kota
saluran I 157 Kg dan pedagang pengencer 67 Kg, saluran II 48 Kg, dan saluran III 15 Kg.
Kata Kunci : Ikan Asin, Faktor Produksi, Efisiensi Usaha, Nilai Tambah, Pemasaran.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas
Pertanian, Universitas Bengkulu, 2023)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:37
Last Modified: 25 Sep 2024 01:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini