ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI SAYURAN SECARA ONLINE DENGAN APLIKASI KUPESAN

Sheren, Bella and M. Zulkarnain, Yuliarso and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI SAYURAN SECARA ONLINE DENGAN APLIKASI KUPESAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Sheren Bella_E1D018044 - Sheren Bella.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Teknologi di era digitalisasi saat ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang tidak
terkecuali pada bidang pertanian. Dengan menggunakan teknologi internet, penjual
sayuran dapat menjangkau konsumen lebih luas dan konsumen tidak perlu keluar rumah
untuk berbelanja sayuran. Platform e-commerce yang fokus pada bidang pertanian di Kota
Bengkulu di antaranya adalah KUPESAN, Sayur Buk, Sayur Online Kito Bengkulu, Hiros
farm, Rajo Sayur dan Hallo Pasar. Semakin banyaknya platform e-commerce sayur online
di Kota Bengkulu ini mengakibatkan persaingan antar bisnis semakin ketat.
Perbedaan antara KUPESAN dengan platform sayur online yang lain adalah
KUPESAN telah memiliki platform e-commerce pribadi yang dapat memudahkan
konsumen dalam memesan sayur. Saat ini Aplikasi KUPESAN memiliki jumlah unduhan
yang lebih banyak dibanding toko sayur online yang lain di Google Play Store. Selain itu
KUPESAN merupakan Platform sayur digital pertama di Kota Bengkulu yang dibentuk di
bawah naungan PT. Warta Bumi Rafflesia pada tahun 2019.
Ketatnya persaingan yang ditimbulkan dikarenakan munculnya platform e￾commerce tersebut, menuntut Kupesan untuk memenangkan persaingan. Salah satu cara
yang dapat dilakukan yaitu mendapatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan
atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Perusahaan dapat mengetahui kepuasan
konsumen dengan cara melakukan analisis dari penilaian konsumen yang melakukan
transaksi dan menggunakan produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan
mengetahui atribut apa saja yang perlu untuk diperbaiki dan dipertahankan oleh Kupesan.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kupesan yang pernah berbelanja ≥ 1 kali
yaitu sebanyak 205 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin diketahui bahwa
sampel yang dibutuhkan pada penelitian ini sebanyak 67 sampel. Metode analisis yang
digunakan yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance
Analysis (IPA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kupesan
sebesar 86,53% yang berarti bahwa konsumen kupesaan merasa sangat puas ketika
berbelanja sayuran di Kupesan. Atribut yang perlu untuk diperbaiki oleh Kupesan yaitu
atribut harga, konsumen berharap Kupesan dapat memberikan potongan harga pada saat
tertentu seperti pada hari raya maupun hari libur nasional. Atribut yang perlu untuk
dipertahankan kualitasnya yaitu atribut kualitas produk dan kualitas pelayanan karena
produk ini memiliki tingkat kepentingan yang tinggi bagi konsumen, dan terakhir atribut
yang dianggap berlebihan yaitu atribut kemasan.
Kata Kunci : E-Commerce, Kepuasan konsumen, Sayur Online

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:11
Last Modified: 25 Sep 2024 02:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item
View Item