ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Lailaturropikoh, Batubara and Basuki, Sigit Priyono and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Format Fakultas_Lailaturropikoh Batubara_E1D017043 - Lailaturropikoh Btr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pendapatan ialah semua penghasilan yang didapat oleh seorang karyawan rumah
tangga atau pedagang dalam rangka bekerja atau berusaha. Setiap usaha memiliki
pendapatan yang berbeda. Usaha yang berkembang menciptakan persaingan antar
pengusaha untuk mendapatkan keuntungan. Penghasilan ini kemudian dapat digunakan
sebagai sarana untuk menghidupi diri sendiri. Semakin tinggi pendapatan yang diperoleh
semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Pemasaran memegang peranan penting
dalam pembangunan ekonomi, seperti terlihat dalam penciptaan utilitas produk. Fungsi
pemasaran memberikan nilai tambah dari suatu barang atau komoditas dengan
meningkatkan kualitas dari barang tersebut. Dalam menarik keinginan pembeli terhadap
produk yang dihasilkan maka setiap usaha membutuhkan pemasaran serta kegiatan
promosi.
Penelitian dilakukan di Jalan Istiqomah No.7 Kota Panyabungan Provinsi Sumatera
Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM Kipang Pulut Dian,
pedagang grosir, pedagang pengecer, dan konsumen yang berada di Kota Panyabungan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis
kuantitatif berguna untuk menganalisis pendapatan dan pemasaran produk UMKM Kipang
Pulut Dian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan yang diterima oleh
produsen Kipang Pulut Dian di Kota Panyabungan Provinsi Sumatera Utara adalah Rp
22.608.000/bulan, saluran pemasaran terdiri dari produsen ke konsumen, produsen
kepedagang pengecer lalu ke konsumen, produsen kepedagang pengecer I kemudian
kepedagang pengecer II lalu ke konsumen. Margin pemasaran I Rp 5.000/pack, saluran
pemasaran II Rp 15.000/pack, dan saluran pemasaran III Rp 5.000/pack.
Kata Kunci: Pendapatan, Pemasaran, Kipang Pulut Dian

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:33
Last Modified: 26 Sep 2024 02:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item
View Item