Dean, Sukma Pratama Azdy and Fachri, Eka Saputra and Afrima, Widanti (2023) ANTESEDEN YOUTUBE ADVERTISING VALUE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP NIAT BELI DISNEY PLUS HOTSTAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
scan skripsi Dean - Dean Azdy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Studi ini menguji pengaruh Anteseden (Irritability, Informativeness,
Entertainment) YouTube Advertising Value dan Implikasinya Terhadap niat beli
Disney Plus Hotstar. Disney+ Hotstar adalah layanan streaming video yang
dimiliki oleh Disney. Layanan ini menawarkan konten orisinal eksklusif yang
hanya tersedia di Disney+ Hotstar. Objek dalam penelitian ini merupakan
pengguna SVoD Disney Plus Hotstar di Indonesia, yang telah disebarkan melalui
media sosial whatsapp dan facebook. Peneliti mengambil sampel masyarakat
Indonesia yang mengetahui SvoD, pernah melihat iklan Disney Plus Hotstar di
YouTube dan pernah menelusuri iklan Disney Plus Hotstar di YouTube untuk
mencari informasi tentang Disney Plus Hotstar. YouTube advertising value dapat
mempengaruhi niat beli dan YouTube advertising value dipengaruhi dari oleh
beberapa variabel yaitu irritability, informativeness, dan entertainment.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh
dari penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah
orang yang mengetahui SVoD, orang yang pernah melihat iklan Disney Plus
Hotstar di YouTube, orang yang pernah menelusuri iklan Disney Plus Hotstar di
YouTube untuk mencari informasi tentang Disney Plus Hotstar. Sampling yang
digunakan di dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling.
Metode pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
purposive sampling. Jumlah responden responden dalam penelitian ini yang diolah
adalah sebanyak 191 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah teknik analisis data dalam bentuk PLS (Partial Least Square)
dengan aplikasi SmartPLS versi 3.2.9
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Irritability berpengaruh signifikan
terhadap YouTube Advertising Value. 2) Informativeness berpengaruh signifikan
terhadap YouTube Advertising Value. 3) Entertainment berpengaruh signifikan
terhadap YouTube Advertising Value. 4) YouTube Advertising Value berpengaruh
signifikan terhadap niat beli. 5) Irritability tidak berpengaruh signifikan terhadap
niat beli. 6) Informativeness berpengaruh signifikan terhadap niat beli. 7)
Entertainment tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang menunjukan adanya pengaruh yang
signifikan dari anteseden (irritability, informativeness, dan entertainment)
terdahap YouTube Advertising Value dan adanya pengaruh signifikan dari
YouTube Advertising Value dan informativeness terhadap niat beli sedangkan
irritability dan entertainment tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli, diharapkan dapat menjadi rujukan dan pertimbangan peneliti selanjutnya dan
sebagai bahan masukan untuk Disney Plus Hotstar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 08:05 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21635 |