Safta, Della Steevhanny and Nurhayati, Darubekti and Lailatus, Sa'diyah (2023) PENINGKATAN MINAT BACA SISWA-SISWI PAUD MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR (STUDI KASUS DI PAUD LANGIT BIRU KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
pdf skripsi (Della Steevhanny) - Della Steevhanny.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Minat membaca ialah kemauan atau keinginan yang kuat dari seseorang untuk
memahami maksud atau informasi yang terkandung dalam bahan bacaan. Hal
tersebut tentu saja menaruh seseorang dalam minat baca pada bidang yang lebih
mudah agar dalam mempelajari bidang tersebut seseorang mampu belajar dengan
hal baru. Penelitian ini berfokus pada kegiatan minat baca siswa-siswi PAUD
melalui buku cerita bergambar. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu yang
pertama untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat baca siswa-siswi PAUD
melalui buku cerita bergambar dan yang kedua untuk mengetahui minat baca
siswa-siswi PAUD Langit Biru Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang
didapatkan dengan cara observasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini
berjumlah tujuh orang di antaranya dua orang guru kelas dan lima orang dari wali
siswa. Peneliti menggunakan teori Dalman (dalam Dewi, 2016) yang terdiri dari
empat indikator yaitu frekuensi dan kualitas membaca, kuantitas sumber bacaan,
kualitas sumber bacaan, sarana untuk membaca. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peningkatan minat baca siswa-siswi PAUD Langit Biru Kota Bengkulu
melalui buku cerita bergambar sudah sangat baik dan sangat meningkat dalam
kategori anak usia dini. Hal ini ditunjukkan oleh siswa-siswi merasa sangat
senang dan antusias saat melakukan kegiatan membaca yang sudah di terapkannya
tersebut, guru kelas juga ikut bersemangat dalam mengajar dan mengarahkan,
selain guru kelas, orang tua di rumah juga berperan penting dalam mengajak anak�anak belajar di rumah untuk meningkatkan minat baca anak.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:17 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21691 |